Perpaduan Antara Minyak Zaitun dan Madu Sebagai Masker Rambut

Minyak zaitun adalah salah satu minyak esensial dari ekstrak buah zaitun yang menawarkan beragam manfaat ketika digunakan pada tubuh, termasuk pada kulit dan rambut.

Meskipun begitu, jika ingin merasakan manfaat yang maksimal dari minyak zaitun, pilihlah minyak zaitun ekstra murni (Extra Virgin Olive Oil/EVOO) sebab jenis minyak zaitun ini memiliki kandungan nutrisi paling baik daripada varian lainnya.

Biasanya minyak zaitun ekstra murni berasal dari negara-negara di wilayah mediterania. Jadi, pastikan untuk membeli minyak zaitun ekstra murni yang diproduksi dari wilayah negara-negara mediterania.

Penggunaan minyak zaitun sebagai masker rambut telah umum digunakan oleh banyak orang dalam memelihara keindahan dan kesehatan rambut. Minyak zaitun juga cocok untuk semua jenis rambut sehingga banyak yang senang menggunakannya sebagai masker rambut.

Minyak zaitun kaya akan emolien yang akan memberikan kekuatan dan membuat rambut nampak bersinar jika digunakan secara rutin dan teratur sebagai masker rambut.

Minyak zaitun ekstra murni mungkin memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan minyak zaitun biasa, namun minyak zaitun ekstra murni memiliki aroma yang jauh lebih baik serta kaya akan antioksidan dan vitamin yang akan memberi kekuatan pada rambut serta membuatnya nampak bersinar.

Penggunaan minyak zaitun ekstra murni sebagai bahan masker rambut dapat dipadukan dengan bahan alami lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Salah satu bahan alami yang tepat untuk dipadukan dengan minyak zaitun ekstra murni sebagai bahan masker rambut adalah madu.

Dalam hal ini sebaiknya memilih madu murni atau madu mentah sebab madu jenis ini dianggap sebagai jenis madu terbaik dalam memberikan manfaatnya pada rambut.

Madu merupakan humectant yang berarti bahwa madu dapat membantu dalam menjaga kelembaban alami rambut. Selain itu, madu mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi. Properti ini membuat madu ideal untuk memulihkan masalah rambut yang patah, kering, dan rusak.

Perpaduan antara Minyak Zaitun dan Madu sebagai Masker Rambut

Untuk mendapatkan sebuah masker rambut yang sempurna, salah satunya adalah dengan memadukan antara minyak zaitun dengan madu karena keduanya dianggap memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan dan keindahan rambut. Tetapi kita juga bisa menggunakan bahan alami lainnya dalam perpaduan tersebut, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Beberapa bahan alami lain yang ditambahkan dalam masker rambut ini seperti kapsul vitamin E. kapsul vitamin E bisa didapatkan di toko farmasi atau apotek terdekat. Penambahan vitamin E akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut, sebab vitamin E memiliki sifat anti inflamasi yang akan menenangkan kulit kepala. Selain itu, bisa juga menambahkan minyak esensial lain seperti minyak lavender dan rosemary.

Cara penggunaan:

  • Siapkan ½ cangkir minyak zaitun ekstra murni
  • Tambahkan beberapa tetes minyak esensial lainnya seperti minyak lavender atau setangkai daun rosemary kering.
  • Aduk rata dan masukkan dalam botol berkaca gelap, simpan beberapa hari sebelum digunakan sebagai masker rambut.
  • Untuk menggunakannya sebagai masker rambut, letakkan campuran minyak zaitun secukupnya pada wadah kaca yang bersih.
  • Tambahkan ¼ cangkir madu murni dan 3 kapsul vitamin E.
  • Setelah itu aduk rata kembali campuran bahan masker rambut sebelum diterapkan pada rambut yang telah dibasahi sebelumnya
  • Setelah itu terapkan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata, terutama pada bagian ujung rambut yang cenderung mengalami kerusakan.
  • Setelah itu tutup rambut yang telah diberi masker rambut dengan shower cup dan diamkan selama sekitar 90 menit hingga masker rambut benar-benar meresap dan bekerja efektif pada rambut dan kulit kepala. Panas yang terjebak di dalam shower cup akan membantu penyerapan menjadi lebih cepat dan lebih baik.
  • Setelah 90 menit, lepaskan shower cup dan bilas rambut dengan air hangat. Jika rambut masih terasa kaku, kita bisa menggunakan shampoo berformula ringan dan lembut. Sebaiknya gunakan shampoo yang bebas sulfur atau surfaktan, dimana shampoo jenis ini tidak memiliki busa yang melimpah, tetapi dapat membersihkan dengan lebih baik.