Minyak Kelapa sebagai Masker Rambut Alami untuk Rambut Rusak

Banyak hal yang bisa membuat rambut rentan terhadap kerusakan. Mulai dari penggunaan pengering rambut (hairdryer), produk rambut, serta cuaca. Agar rambut bisa terhindar dari kerusakan atau meminimalisir kerusakan pada rambut yang telah terjadi, penggunaan masker rambut adalah salah satu hal yang direkomendasikan dalam perawatan rambut untuk mendapatkan kembali rambut yang sehat dan indah.

Untuk mendapatkan masker rambut yang sesuai dengan kondisi rambut, kita dapat memilih penggunaan bahan-bahan alami yang bebas dari bahan kimia dan pengawet yang justru bisa memicu terjadinya kerusakan pada rambut menjadi lebih parah.

Ada beragam bahan alami yang bisa dijadikan sebagai masker rambut dan hal itu telah terbukti khasiatnya pada banyak orang yang telah mencobanya, salah satunya adalah minyak kelapa.

Manfaat Minyak Kelapa dalam Kesehatan Rambut

Minyak kelapa alami mengandung asam lemak yang dapat membantu membenamkan setiap folikel rambut dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat.

Ketika minyak kelapa digunakan sebagai masker rambut dengan cara dipijat pada kulit kepala, maka asam laurat yang terkandung pada minyak kelapa akan memberi perlindungan pada kulit kepala terhadap serangan kutu rambut dan ketombe yang dapat menghambat pertumbuhan rambut serta mempengaruhi kesehatan rambut.

Menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut adalah salah satu cara yang paling mudah dan alami untuk meningkatkan kelembaban di batang rambut.

Ketika rambut menjadi kering, maka rambut akan menjadi usang dan mudah rusak. Hal ini tidak hanya mempengaruhi kesehatan rambut, tetapi juga menyebabkan rambut terlihat keriting, kering, kusam, dan rusak.

Oleh karena itu, mereka yang telah menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambut sebagai masker rambut, telah merasakan bagaiman asam lemak pada minyak kelapa dapat mengikat protein di rambut mereka sehingga rambut disegel dengan perlindungan, terjaga kelembaban alaminya, dan membuat rambut nampak lembut, halus, dan mengkilap.

Cara Penggunaan Minyak Kelapa sebagai Masker Rambut

Ada beberapa cara penggunaan minyak kelapa sebagai masker rambut. Dalam hal ini, banyak orang yang telah merasakan khasiatnya yang dapat bekerja dengan lebih baik ketika diterapkan pada rambut sebelum keramas. Caranya sangat mudah:

  • Ambil minyak kelapa yang murni secukupnya.
  • Panaskan pada sendok atau wadah tahan panas untuk membuatnya bisa bekerja lebih baik dan lebih mudah pada rambut.
  • Setelah itu pijat minyak kelapa melalui kulit kepala dan hinga jauh ke dalam akar rambut.

Dengan melakukan bentuk perawatan rambut menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut maka hal itu dapat:

1. Memudahkan vitamin dan mineral yang terdapat pada minyak kelapa untuk dapat menembus jauh hingga ke dalam kulit kepala dan pada setiap folikel rambut dimana pertumbuhan rambut dimulai.

2. Membantu untuk mendorong pertumbuhan rambut hingga di tingkat akar.

3. Menghancurkan bakteri yang dapat menyebabkan rambut rontok dan akhirnya menjadi rusak.

4. Merapikan poros rambut, dimana rambut akan diberi perlindungan serta terjaga kelembaban alaminya.

5. Menjaga rambut agar terhindar dari rambut bercabang atau pecah-pecah.

6. Menjaga agar rambut tetap dalam keadaan baik dan terjaga kesehatannya.

Penggunan minyak kelapa sebagai masker rambut direkomendasikan untuk semua jenis rambut, terutama bagi mereka yang berambut kering dan rusak karena akan bekerja sebagai conditioner untuk membuat rambut nampak lebih lembut.

Sehingga penggunaan masker rambut dari minyak kelapa dengan rutin dan teratur akan mengembalikan rambut sehat dan indah yang diidamkan.

Kita bisa menggunakan minyak kelapa sebagai masker rambut tanpa diliputi rasa cemas sebab jika menggunakan minyak kelapa yang murni, maka hal itu merupakan bahan alami yang bebas dari bahan kimia dan pengawet yang berbahaya.

Penggunaannya pun setidaknya sekali seminggu, jadi sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk mengembalikan keadaan rambut yang telah rusak sebelumnya.