Masker Rambut yang Efektif dari Minyak Rosemary

Rambut sehat dan indah adalah salah satu hal yang didambakan oleh banyak wanita. Namun untuk mendapatkan rambut sehat dan indah tidak semudah yang dipikirkan. Meskipun produk perawatan rambut sehat dan indah banyak beredar di pasaran, tetapi kebanyakan dari produk tersebut menggunakan bahan kimia yang justru bisa memicu pertumbuhan rambut menjadi tidak sehat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan perawatan rambut menggunakan masker rambut dari bahan alami. Salah satu bahan alami yang direkomendasikan sebagai bahan masker rambut yang efektif adalah minyak rosemary (rosemary oil). Minyak rosemary adalah minyak yang diperoleh dari ekstrak bunga rosemary.

Penggunaannya tidak hanya sebatas untuk mengatasi masalah rambut saja, namun minyak rosemary adalah salah satu minyak esensial yang juga populer dalam perawatan kecantikan kulit. Jadi, jika memiliki persediaan minyak rosemary di rumah, kita bisa mendapatkan manfaat yang lebih untuk kecantikan dan kesehatan rambut dan kulit.

Manfaat Minyak Rosemary sebagai Masker Rambut

1. Mencegah Rambut Rontok dan Beruban

Minyak rosemary memiliki fungsi sebagai agen yang dapat melawan kerontokan dan kebotakan rambut yang terjadi lebih awal. Tidak hanya itu, minyak rosemary juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini dan dan uban pada rambut.

Dalam hal ini, aroma minyak rosemary dapat memperkuat sistem saraf dan menghilangkan stress pada rambut, sehingga memberikan kontribusi dalam mengurangi rambut rontok dan mencegah proses penuaan dini berupa uban pada rambut.

2. Memelihara Folikel Rambut dan Merangsang Pertumbuhan Rambut

Menerapkan minyak rosemary sebagai masker rambut dengan cara memijatnya langsung pada kulit kepala akan membantu untuk merangsang folikel rambut sehingga membuat rambut tumbuh kembali secara lebih cepat. Dalam hal ini, minyak rosemary akan melembabkan kulit kepala sehingga rambut bagian atas akan terpelihara dan tumbuh dengan baik.

Oleh karena itu, penggunaan rutin minyak rosemary dapat meningkatkan proses nutrisi ke sel rambut, sekaligus juga mengaktifkan proses metabolisme pada folikel rambut yang akan merangsang pertumbuhan rambut sehingga akan terjadi proses alami, yaitu pergantian akar rambut yang sudah tua dengan akar rambut yang baru dan lebih sehat.

3. Menghilangkan Ketombe

Minyak rosemary dapat berfungsi sebagai agen anti bakteri yang sangat baik terhadap berbagai masalah atau gangguan pada kulit kepala. Oleh karena itu, minyak rosemary dapat menciptakan efek terapeutik pada kulit kepala dengan cara membersihkan kemacetan partikel dan sel kulit kepala yang sudah mati sekaligus menghilangkan ketombe.

Mempersiapkan Masker Rambut dari Minyak Rosemary

1. Untuk Pertumbuhan Rambut

  • Campurkan 3 tetes minyak rosemary dengan 2 sendok makan minyak biji anggur atau minyak castor, dan 3 tetes minyak lavender.
  • Aduk rata dan oleskan pada seluruh kulit kepala sambil dipijat lembut, dan diamkan selama sekitar 30 menit sebelum mencuci kembali rambut dengan shampoo berformula ringan.

2. Untuk Mencegah Kerontokan Rambut

  • Campurkan 10 tetes minyak rosemary dengan 15 tetes minyak zaitun ekstra murni, kemudian terapkan campuran pada rambut mulai dari akar hingga ujung rambut.
  • Diamkan selama sekitar 30 menit, kemudian bilas rambut dengan shampoo berformula ringan.

3. Untuk Menghilangkan Ketombe

  • Campurkan beberapa tetes minyak rosemary dengan 15 tetes minyak zaitun ekstra murni dan 4 tetes tea tree oil. Aduk rata campuran dan hangatkan terlebih dahulu.
  • Setelah itu oleskan secara merata dengan cara dipijat lembut pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut.
  • Setelah itu bungkus rambut dengan handuk dan tunggu selama sekitar 30 menit, lalu cuci rambut dengan shampoo berformula ringan.