Masker Rambut Berbahan Tea Tree Oil untuk Pertumbuhan Rambut Sehat

Tea tree oil atau minyak pohon teh ternyata juga memiliki khasiat yang tidak kalah besarnya dalam hal perawatan rambut. Dalam hal ini, tea tree oil dapat diolah menjadi masker rambut dan digunakan dalam perawatan rambut untuk memicu pertumbuhan rambut sehat.

Secara alami, tea tree oil juga dapat mengatasi beragam masalah gangguan kesehatan rambut lainnya seperti ketombe, kerontokan, kebotakan, psoriasis, bahkan kutu rambut.

Tea tree oil merupakan bahan alami yang diperoleh dari ekstrak daun Melaleuca Alternifolia, dimana jenis tanaman ini terdapat di Australia, khususnya di wilayah pantai timur laut dari New South Wales, Australia.

Penduduk setempat telah menggunakan tea tree oil sejak berabad-abad lalu dalam mengatasi sejumlah masalah gangguan pada tubuh secara eksternal, termasuk juga masalah rambut.

Tea tree oil dianggap sebagai bahan alami yang baik karena memiliki sifat yang menenangkan. Itulah sebabnya mengapa tea tree oil dapat menjadi bahan alami yang baik jika diolah sebagai masker rambut untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Alasan Penggunaan Tea Tree Oil sebagai Masker Rambut

Berikut ini beberapa alasan yang patut dipertimbangkan sehingga tea tree oil layak dijadikan sebagai bahan masker rambut:

  • Tea tree oil memiliki properti anti jamur alami, anti bakteri, antiseptik, antivirus, dan anti infeksi yang efektif untuk menangani beberapa masalah kerusakan rambut tertentu.
  • Tea tree oil dapat menghilangkan sel-sel kulit mati serta membuka folikel rambut yang tersumbat, sekaligus juga meningkatkan sistem kekebalan pada kulit kepala yang pada akhirnya akan mampu melawan gangguan infeksi seperti serangan ketombe atau kutu rambut yang dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  • Tea tree oil dapat melembabkan rambut secara alami sekaligus juga membuat kulit kepala bebas dari infeksi jamur dan bakteri, serta mencegah kulit kepala kering dan gatal.
  • Tea tree oil mengandung anti androgenik yang bisa melindungi rambut dari kerontokan.

Cara Penggunaan Tea Tree Oil sebagai Masker Rambut

Ada beberapa cara untuk menggunakan tea tree oil sebagai masker rambut. Namun satu hal yang perlu diketahui adalah untuk menggunakan tea tree oil yang benar-benar 100% murni agar bisa merasakan khasiatnya yang maksimal dalam membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Adapun cara penggunaan tea tree oil sebagai masker rambut adalah sebagai berikut:

Cara 1

  • Ambil beberapa tetes tea tree oil, kemudian oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  • Setelah itu lakukan pijatan lembut selama sekitar 5 menit, kemudian diamkan lagi selama sekitar 15 menit sebelum mencuci rambut dengan shampoo berformula ringan.

Cara di atas dapat merangsang aliran darah serta mengurangi peradangan pada folikel rambut, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rasa gatal, ketombe, kekeringan atau kelebihan minyak. Apabila dilakukan secara rutin dan teratur, maka kita bisa mendapatkan pertumbuhan rambut yang sehat, berkilau, hitam, dan indah.

Cara 2

  • Campurkan 10 tetes tea tree oil dengan 1 sendok makan minyak kelapa ekstra murni dalam wadah bersih.
  • Aduk rata campuran bahan tersebut kemudian oleskan pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala, dan lakukan pijatan lembut selama sekitar 5 menit.
  • Setelah itu diamkan selama minimal 2 jam sebelum mencuci kembali rambut dengan shampoo berformula ringan.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan masker rambut ini minimal seminggu sekali sebelum tidur di malam hari dan bilas keesokan harinya.

Minyak kelapa ekstra murni memiliki properti yang hampir sama dengan tea tree oil dalam hal sifat anti jamur dan anti bakterinya yang dapat mencegah kulit kepala yang gatal, berketombe, dan melindungi dari jamur.

Selain minyak kelapa ekstra murni, kita bisa menggunakan minyak esensial lainnya untuk memadukannya dengan tea tree oil sebagai bahan masker rambut alami untuk pertumbuhan rambut sehat.