Manfaat dan Cara Penggunaan Minyak Castor sebagai Masker Rambut

Selama ini minyak castor atau minyak jarak sering digunakan sebagai minyak yang baik untuk mengolah masakan sehingga rasanya menjadi lebih lezat. Namun sebenarnya minyak castor juga baik digunakan dalam perawatan kecantikan kulit dan rambut.

Minyak castor yang diperoleh dari ekstrak biji atau tanaman jarak ini banyak digunakan dalam produk perawatan masker rambut sebab minyak castor memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri yang alami.

Manfaat Minyak Castor sebagai Masker Rambut

Minyak castor memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik untuk perawatan rambut, terutama bagi mereka yang memiliki masalah pertumbuhan rambut yang kurang sehat. Untuk itu, minyak castor sering digunakan sebagai bahan masker rambut karena memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  1. Menutrisi Rambut
    Minyak castor memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang mencakup vitamin E, protein, mineral, serta asam lemak trigliserida seperti omega-6 dan 90% risinoleat. Komposisi yang menakjubkan ini menjadikan minyak castor sebagai masker rambut yang dapat memelihara rambut dan bekerja efektif untuk menumbuhkan rambut secara lebih cepat.
  2. Melindungi Kulit Kepala dari Infeksi
    Minyak castor mengandung anti jamur dan anti bakteri yang dapat melindungi kulit kepala dari patogen dan mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, parasit, dan lain sebagainya yang dapat menyerang kulit kepala dan menimbulkan gangguan baru seperti ketombe, kebotakan, kulit kepala gatal, rambut rontok, kulit kepala kering, ujung rambut patah, dan lain sebagainya. Dengan demikian, sifat anti bakteri dan anti inflamasi pada minyak castor dapat melindungi kesehatan kulit kepala.
  3. Sebagai Kondisioner Alami
    Minyak castor dapat bertindak sebagai kondisioner alami yang luar biasa. Dalam hal ini, nutrisi yang ada pada minyak castor seperti vitamin E, asam lemak omega-6, protein, serta nutrisi lainnya akan mengobati rambut yang mengalami kerontokan dan rambut patah dengan kemudahannya dalam menembus rambut yang kering, rapuh, rusak, serta menghaluskan kutikula rambut yang kasar sehingga rambut akan tumbuh dengan lebih baik dan terjaga kelembaban alaminya.
  4. Mencegah Kerontokan Rambut
    Menerapkan minyak castor sebagai masker rambut secara rutin pada kulit kepala dengan cara memijatnya maka dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga merangsang folikel rambut dan membuat akar rambut menjadi kuat dan tangguh. Selain itu, sifat anti bakteri dan anti jamur pada minyak castor fapat membuat kulit kepala bebas dari infeksi dan meremajakan folikel rambut. dengan begitu, akan memberikan efek yang menguatkan kulit kepala dalam melawan kerontokan rambut, sekaligus memberikan kontribusi untuk menumbuhkan rambut lebih cepat.

Cara Penggunaan Minyak Castor sebagai Masker Rambut

1. Persiapan Awal

  • Sebuah mangkuk atau wadah untuk menuangkan, mencampur, dan menghangatkan minyak castor.
  • Sebuah handuk hangat untuk menutupi rambut selama penggunaan masker rambut.
  • Sebuah sikat atau sisir jika tidak ingin menggunakan jari-jari langsung pada saat penggunaan minyak castor sebagai masker rambut.

2. Pengolahan Masker Rambut

  • Minyak castor memiliki konsistensi yang kental, sehingga terkadang membuat minyak castor sulit menembus jaringan kulit kepala dan batang rambut. untuk mengatasinya, dianjurkan untuk mencampurkan minyak castor dengan minyak esensial atau nabati lainnya, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun ekstra murni dengan perbandingan 1:1.

3. Penggunaan Masker Rambut

  • Bagilah rambut menjadi beberapa bagian. Hal Ini akan membantu untuk menyebarkan campuran minyak dengan lebih baik ke seluruh kulit kepala.
  • Setelah itu, mulailah oleskan campuran masker rambut minyak castor dengan minyak lainnya pada seluruh bagian kulit kepala dengan gerakan melingkar sehingga akan meningkatkan sirkulasi darah pada jaringan kulit kepala, sekaligus menenangkan iritasi yang mungkin terjadi pada kulit kepala. Jika tidak ingin menggunakan jari, bisa menggunakan sikat atau sisir yang digosokkan perlahan pada bagian kulit kepala.
  • Setelah tersebar merata pada seluruh bagian kulit kepala, lakukan pijatan ringan selama beberapa menit.
  • Setelah itu, bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan campuran masker rambut meresap dengan baik dengan mendiamkannya selama sekitar 2 jam.
  • Setelah 2 jam, cucilah rambut dengan shampoo berformula ringan.