Khasiat dan Cara Penggunaan Minyak Wijen sebagai Masker Rambut

Minyak wijen adalah salah satu bahan alami yang direkomendasikan sebagai bahan masker rambut alami khususnya bagi mereka yang menginginkan pertumbuhan rambutnya menjadi lebih baik. Minyak wijen diperoleh dari ekstrak biji wijen, dimana biji wijen mengandung 2 jenis bahan mineral yang diperlukan untuk perawatan rambut sehat, yaitu magnesium dan kalsium.

Kedua jenis mineral tersebut dapat membantu dalam mempromosikan kesehatan yang baik dari kulit kepala serta mencegah dan mengobati rambut yang menipis dari waktu ke waktu. Minyak wijen juga dapat membantu dalam mencegah infeksi pada akar rambut sehingga menjadikan minyak wijen sebagai bahan masker rambut yang tepat dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

Selain bahan mineral yang penting untuk pertumbuhan rambut, minyak wijen juga diperkaya dengan vitamin E, vitamin B kompleks, fosfor, dan protein yang dapat memperkuat rambut dari akarnya, sekaligus juga memberikan nutrisi pada kulit kepala secara lebih mendalam. Dengan khasiat umum yang dimilikinya, kita bisa mempertimbangkan penggunaan minyak wijen sebagai salah satu bahan masker rambut alami yang baik.

Dalam membantu pertumbuhan rambut, minyak wijen akan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dengan kemampuan penetrasinya yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Bahkan ketika rambut telah rusak parah akibat penggunaan produk berbahan kimia, minyak wijen dapat mengembalikan kembali kesehatan rambut dengan daya tembusnya yang tinggi. Itulah sebabnya minyak wijen menjadi populer sebagai masker rambut untuk membantu pertumbuhan rambut.

Khasiat Lain Minyak Wijen sebagai Masker Rambut

Selain khasiat utamanya dalam membantu pertumbuhan rambut, berikut ini khasiat lain dari minyak wijen apabila digunakan sebagai masker rambut:

  • Minyak wijen efektif dalam melawan kerontokan rambut akibat stress dengan sifat pendingin yang dimilikinya, yang dapat membantu dalam menghilangkan stress sehingga kerontokan rambut dapat dicegah.
  • Minyak wijen dapat merevitalisasi rambut yang rusak karena memiliki sifat penetrasi yang besar dan bekerja efektif untuk merevitalisasi rambut rusak dengan memberikan gizi pada rambut dan kulit kepala dari dalam.
  • Minyak wijen dapat menenangkan rambut dan kulit kepala terhadap panas yang dapat merusak folikel rambut.
  • dalam hal ini, minyak wijen akan bertindak sebagai pendingin yang bekerja dari dalam untuk memberikan gizi serta mengunci kelembaban dari dalam, sehingga dapat mencegah kekeringan berlebihan pada rambut yang juga bisa memicu rasa gatal di kulit kepala.
  • Minyak wijen dapat membantu memperbaiki tekstur dan kondisi fisik kulit kepala dengan mengurangi kekeringan dan rasa gatal. Kondisi seperti kulit kepala gatal atau ketombe karena infeksi dapat disembuhkan dengan rutin memijat kulit kepala menggunakan minyak wijen.
  • Minyak wijen dapat membasmi kutu rambut. hal ini akan semakin efektif bila memadukannya dengan minyak esensial lainnya yang memiliki sifat anti bakteri yang sama dengan minyak wijen.

Cara Penggunaan Minyak Wijen sebagai Masker Rambut

  1. Lakukan perawatan masker rambut ini sebelum tidur di malam hari minimal sekali seminggu
  2. Panaskan minyak wijen secukupnya sebelum menerapkannya pada seluruh bagian kulit kepala
  3. Setelah minyak wijen dipanaskan, tunggu beberapa saat hingga hangat kemudian oleskan pada kulit kepala dan lakukan pijatan lembut selama sekitar 5 – 10 menit
  4. Bungkus kulit kepala dengan handuk panas dan biarkan selama 10 menit, kemudian lepas
  5. Cuci rambut dan kulit kepala keesokan harinya dengan menggunakan shampoo berformula ringan

Jika menginginkan pertumbuhan rambut yang lebih cepat lagi, bisa menambahkan minyak esensial lainnya seperti minyak kelapa atau minyak zaitun ekstra murni pada yang dicampurkan dengan minyak wijen.