Bawang Putih sebagai Masker Rambut untuk Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah gangguan rambut yang banyak dialami orang-orang, baik wanita maupun pria. Pada pria, masalah kerontokan rambut lebih cenderung pada kebotakan dimana hal ini bisa terjadi karena pertambahan usia ataupun faktor genetik. Penggunaan masker rambut adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi kerontokan rambut.

Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan masker rambut yang diolah dari bahan alami. Bawang putih (garlic) adalah salah satu bahan alami yang bisa diolah sebagai masker rambut. Meskipun bawang putih memiliki aroma yang tajam, namun khasiat bawang putih dalam mengatasi rambut rontok telah terbukti efektif.

Dalam sebuah studi penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 dan diterbitkan dalam sebuah jurnal, telah ditemukan bahwa aplikasi rutin bawang putih yang dijadikan dalam bentuk gel masker rambut pada bagian rambut yang mengalami kerontokan ternyata dapat merangsang pertumbuhan kembali rambut pada daerah rambut yang sebelumnya rontok bahkan mengalami kebotakan.

Setelah diteliti, ternyata diketahui bahwa bawang putih memiliki salah satu nutrisi yang penting untuk pertumbuhan rambut, yaitu sulfur dan selenium. Dalam hal ini, kedua nutrisi tersebut dapat membantu melindungi struktur batang rambut yang artinya tidak hanya dapat membantu untuk mengisi rambut yang hilang, tetapi juga dapat memperkuat rambut pada waktu yang bersamaan.

Selain itu, vitamin dan mineral yang terdapat pada setiap siung bawang putih, secara alami dapat menambah kekuatan pada akar rambut. itulah sebabnya mengapa bawang putih menjadi salah satu bahan masker rambut yang baik untuk mengatasi rambut rontok.

Bentuk Perawatan Masker Rambut dengan Bawang Putih

Ada beberapa bentuk perawatan rambut yang dapat dilakukan dengan menggunakan masker rambut berbahan bawang putih, antara lain:

1. Kerontokan Rambut

  • Campurkan 1 sendok makan jus bawang putih dengan 1 sendok minyak kelapa murni yang telah dihangatkan
  • Aduk rata campuran ke-2 bahan tersebut hingga masker rambut ini siap digunakan
  • Oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut sambil dilakukan pemijatan ringan
  • Setelah itu, diamkan selama sekitar 30 menit sebelum mencuci kembali rambut dan kulit kepala dengan shampoo berformula ringan
  • Lakukan bentuk perawatan ini sekitar 1 – 2 kali seminggu

2. Untuk Pertumbuhan Rambut

  • Siapkan bawang putih dan cengkeh secukupnya, kemudian olah masing-masing hingga menghasilkan 1 sendok makan jus bawang putih dan cengkeh.
  • Setelah menghasilkan jus, tambahkan 1 sendok makan madu murni.
  • Oleskan masker rambut paada seluruh bagian kulit kepala dan rambut.
  • Berikan pijatan lembut pada kulit kepala selama beberapa saat kemudian diamkan selama sekitar 30 menit.
  • Bersihkan kembali rambut dan kulit kepala dengan shampoo berformula ringan.
  • Lakukan bentuk perawatan ini sekitar2 – 3 kali seminggu.

Selain bentuk perawatan masker rambut dengan menjadikan bawang putih dalam bentuk jus, kita juga bisa melakukan infus terhadap bawang putih yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya sehingga penggunaannya sebagai masker rambut menjadi lebih praktis. Adapun caranya:

  • Ambil 5 siung bawang putih kemudian kupas dan iris-iris tipis
  • Setelah itu, rendam irisan bawang putih dalam larutan 5 sendok makan minyak zaitun ekstra murni yang telah dihangatkan.
  • Rendamlah dalam wadah kaca bersih, gelap, dan berpenutup, dan diamkan campuran tersebut selama 1 – 2 minggu dalam lemari es sebelum digunakan sebagai masker rambut.

Cara terakhir ini merupakan cara yang paling praktis dalam penggunaan bawang putih sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut rontok dan membantu dalam mendapatkan rambut yang tumbuh lebat dan sehat.