4 Resep Masker Rambut dari Madu untuk Perawatan Rambut Kering dan Rusak

Bisa dikatakan jika rambut adalah mahkota bagi kepala setiap orang, sehingga banyak orang yang melakukan berbagai perawatan demi melindungi dan menjaga agar rambutnya tetap sehat.

Namun tak bisa dipungkiri jika rambut rentan terhadap kekeringan dan kerusakan akibat beberapa faktor penyebab. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menggunakan masker rambut untuk menjaga keindahan rambut sehingga akan memberikan kesan yang sehat.

Produk masker rambut yang beredar di pasaran tidak selamanya memberikan bukti nyata dalam mengatasi masalah rambut kering dan rusak. Bahkan kebanyakan berakhir dengan kerusakan yang lebih parah dari sebelumnya. Namun tak perlu khawatir karena sebenarnya kita bisa mendapatkan masker rambut hanya dengan menggunakan salah satu bahan alami yang tersedia di rumah.

Salah satu bahan alami yang populer sebagai bahan dalam perawatan kecantikan adalah madu. Madu tidak hanya baik untuk mengatasi gangguan pada kulit, tetapi juga pada rambut. untuk hasil terbaik gunakan madu murni atau madu mentah (raw honey).

Madu dianggap sebagai salah satu bahan masker rambut yang baik karena madu merupakan sebuah humektan yang dapat menarik uap air. Madu juga kaya akan antioksidan dan nutrisi yang dapat memberikan nutrisi yang cukup bagi folikel rambut sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut sehat.

Dengan alasan inilah maka banyak yang mencoba penggunaan madu sebagai masker rambut. Jika Anda salah satunya, maka bisa mencoba untuk membuat masker rambut berdasarkan resep yang tertera berikut ini:

1. Masker Rambut Madu

  • Campurkan ¼ cangkir madu mentah organik dengan air secukupnya sehingga akan membentuk pasta madu yang tidak terlalu kental dan dapat menyebar baik pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut.
  • Oleskan campuran pasta madu secara perlahan-lahan dan menyeluruh pada bagian kulit kepala dan rambut sambil dipijat lembut.
  • Setelah itu diamkan selama sekitar 30 menit sebelum mencuci kembali rambut dengan air hangat dan shampoo berformula ringan.

2. Masker Rambut Madu dan Sari Cuka Apel

Sari cuka apel akan bertindak sebagai kondisioner alami dan membuat rambut nampak bersinar indah. Cara penggunaannya:

  • Campurkan ¼ cangkir madu mentah organik dengan 10 sendok makan sari cuka apel, dan aduk rata campuran keduanya hingga rata.
  • Oleskan pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut secara merata dan lakukan pijatan ringan.
  • Diamkan selama sekitar 20 menit, kemudian bilas rambut dengan air hangat dan shampoo berformula ringan.

3. Masker Rambut Madu dan Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun ekstra murni (extra virgin olive oil/evoo) yang dapat membuat perbedaan besar dalam menjaga kelembababn alami rambut, serta mempromosikan akar kulit kepala dan rambut yang sehat. Cara penggunaannya:

  • Campurkan ½ cangkir madu mentah organik dengan ¼ cangkir minyak zaitun ekstra murni. Aduk rata, dan jika perlu hangatkan campuran agar dapat bekerja lebih efektif pada rambut.
  • Setelah itu, oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut sambil melakukan pijatan ringan.
  • Diamkan selama sekitar 30 – 60 menit, kemudian bilas rambut dengan shampoo berformula ringan.

4. Masker Rambut Madu dan Minyak Kelapa

Seperti halnya minyak zaitun ekstra murni, minyak kelapa murni juga dapat membantu dalam melembabkan akar rambut sehingga kelembaban alami rambut pun terjaga. Dengan begitu, hal ini akan menambah sinar pada rambut dan membuatnya menjadi lebih ringan.

Minyak kelapa murni dikemas dengan nutrisi yang kaya sehingga menjadikannya sebagai bahan alami yang baik untuk masker rambut. cara penggunaannya:

  • Campurkan ¼ cangkir madu mentah organik dengan 3 sendok makan minyak kelapa murni yang telah dihangatkan.
  • Setelah itu, oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut.
  • Diamkan selama sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hangat dilanjutkan penggunaan shampoo berformula ringan.