3 Manfaat Penggunaan Strawberry Sebagai Masker Rambut

Strawberry adalah salah satu buah yang memiliki manfaat beragam dalam bidang perawatan kecantikan, salah satunya adalah penggunaan strawberry untuk perawatan rambut sebagai masker rambut. Strawberry adalah jenis buah yang berukuran kecil namun memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang besar serta aroma khas yang menyegarkan.

3 Manfaat Penggunaan Strawberry Sebagai Masker Rambut

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang terdapat pada strawberry dimana vitamin C ini menjadikan strawberry sebagai bahan masker rambut yang baik untuk mengendalikan minyak di kulit kepala. Dalam hal ini, strawberry akan membantu membersihkan kelebihan minyak pada kulit kepala dengan lembut.

Selain itu, strawberry juga akan mengatur pH alami dari kulit kepala. Penggunaan rutin strawberry sebagai masker rambut akan membuat rambut menjadi berkilau dan bebas dari minyak yang berlebih.

Manfaat Penggunaan Strawberry sebagai Masker Rambut

1. Mencegah Kerontokan Rambut

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang paling umum terjadi saat ini. Banyak produk perawatan rambut mulai dari shampoo hingga masker rambut yang mengklaim bisa mencegah kerontokan rambut, namun banyak juga yang tidak bekerja dengan efektif. Untuk itu, kita bisa menggunakan strawberry yang merupakan bahan alami dan lebih aman jika digunakan sebagai masker rambut.

Dengan kandungan vitamin C yang melimpah pada strawberry, maka vitamin C ini dapat mendorong penyerapan zat besi dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, kandungan silica pada strawberry dikenal sebagai pencegah kebotakan dan membantu dalam pertumbuhan rambut.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 2 buah strawberry matang yang telah dicuci bersih, setelah itu hancurkan/haluskan hingga berupa pasta.
  • Tambahkan masing-masing 1 sendok makan minyak zaitun ekstra murni dan madu murni.
  • Aduk rata campuran bahan-bahan tersebut.
  • Setelah itu terapkan secara merata pada seluruh rambut dan kulit kepala yang bersih.
  • Diamkan selama sekitar 20 menit.
  • Setelah itu, bilas dengan air dingin.
  • Ulangi proses perawatan rambut ini minimal 2 kali seminggu di pagi hari setelah mandi dan pastikan bahwa kulit kepala Anda bersih sebelum menggunakan masker rambut berbahan strawberry ini.

2. Membasmi Ketombe

Terkadang kita belum menyadari sepenuhnya saat ketombe mulai hadir di kulit kepala, dan biasanya baru disadari saat keadaannya sudah parah. Sebagai tindakan pencegahan, penggunaan strawberry sebagai masker rambut adalah hal yang disarankan untuk mencegah dan membasmi ketombe di kulit kepala.

Dalam hal ini, vitamin C pada strawberry akan mengobati ketombe yang biasanya disebabkan karena menurunnya sistem kekebalan pada kulit kepala.

Cara Penggunaan:

  • Haluskan 3 – 4 buah strawberry matang yang telah dicuci bersih hingga berupa pasta.
  • Tambahkan 1 kuning telur yang telah dikocok lepas dan beberapa tetes minyak zaitun ekstra murni.
  • Aduk rata campuran bahan tersebut hingga masker ramvbut siap digunakan.
  • Oleskan secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala.
  • Diamkan selama sekitar 15 menit sebelum dicuci bersih kembali dengan shampoo.
  • Lakukan perawatan dengan menggunakan masker rambut ini minimal 3 kali seminggu di pagi hari sebelum mandi.

3. Mencegah Pertumbuhan Jamur.

Ternyata jamur juga bisa tumbuh di kulit kepala, dan untuk mengatasinya kita bisa menggunakan strawberry sebagai masker rambut sebab strawberry memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Dalam hal ini, kandungan nutrisi berupa magnesium pada strawberry akan bekerja efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala, sekaligus juga mengobati infeksi jamur pada kulit kepala.

Cara Penggunaan:

  1. Haluskan 6 – 7 buah strawberry matang yang telah dicuci bersih hingga berupa pasta.
  2. Tambahkan masing-masing 1 sendok makan minyak kelapa ekstra murni dan madu murni.
  3. Aduk rata campuran bahan tersebut hingga masker rambut siap digunakan.
  4. Oleskan campuran tersebut secara merata pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala yang telah dibasahi sebelumnya.
  5. Setelah itu diamkan selama sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Seperti yang telah dipaparkan di atas, strawberry dapat mengatasi kelebihan minyak sehingga penggunaannya sebagai masker rambut umumnya digunakan oleh mereka yang berjenis rambut berminyak.

Namun, jika memiliki tipe rambut kering, masih bisa menggunakannya sebagai masker rambut, dengan catatan gunakan bahan pelembab seperti minyak esensial dalam campuran masker rambut strawberry agar rambut tidak bertambah kering setelah menggunakannya.